Hardika Ajak Pemuda Purbalingga Membangun Desa

Diposting pada

Bung Hatta pernah mengatakan Indonesia tidak akan besar karena obor di Jakarta, tapi Indonesia akan bercahaya karena lilin-lilin di Desa.

Kata-kata itulah yang memicu semangat pemuda asal Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga Hardika Dwi Hernawan untuk berkontribusi membangun desa melalui DesaMind.

DesaMind merupakan Organisasi Non Pemerintah (NGO) yang bergerak sebagai partner masyarakat desa dalam bidang pendidikan dan sosial, dengan tujuan utama mendukung pemerintah dalam membentuk masyarakat yang maju, berdaya saing, dan melek peradaban.

Pemuda yang kerap dipanggil Dika itu mengatakan sudah banyak pemuda di desa yang menempuh pendidikan tinggi. Namun, masih sedikit yang ikut berkontribusi untuk desanya.

“Masih jarang yang urun rembug atau membantu menyelesaikan masalah yang ada di desanya. Pemuda bisa meluangkan waktu untuk berbagi ilmu yang didapat diperkuliahan satu dua hari saja mungkin sepele, tapi bisa sangat berkesan dan berharga bagi masyarakat desa,” katanya.

Kurangnya informasi tentang beasiswa juga banyak di keluhkan oleh masyarakat di desa.

“Banyak orang tua di desa menanyakan bagaimana mendapat beasiswa?. Selain karena mereka yang sibuk di ladang atau di sawah, juga akses informasi terbatas, ” jelasnya.

Melalui DesaMind pula ia bersama rekannya yang tersebar di seluruh indonesia ingin memberikan akses informasi beasiswa yang mudah, pelatihan kepemimpinan, sharing dan diskusi untuk kemajuan desa.

Pemuda yang meraih Award LPDP RI 2019 dan penulis buku Yakin Mau kuliah di Luar Negeri itu berharap Pemuda Purbalingga yang telah mengemban ilmu di Perguruan tinggi dapat tergerak untuk memulai pembangunan, minimal mulai dari desanya masing-masing.

“Pemuda harus lebih peka, desa butuh peran kita. Bangun empati dan kuatkan rasa memiliki permasalahan. Dengan rasa memiliki masalah bersama akan tumbuh social responsibility dan moral responsibility. Tumbuh rasa ikut bertanggungjawab dan rasa ingin ikut melakukan sesuatu. Desamind siap hadir menjadi partner bagi siapapun yg ingin bergerak membangun desanya, kita siap berkolaborasi.” pungkasnya.

Baca juga : Desa dan Kepulangan Anak Muda | by Dhimas Agung Ramadan

( pemudapurbalingga.com / penulis artikel : Dwi K. Alfi )

One thought on “Hardika Ajak Pemuda Purbalingga Membangun Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *