Impian, Sukses, dan Peran Pemuda Menurut Valen, Mbekayu Purbalingga

Diposting pada

Setiap manusia pasti memiliki impian dan mengharapkan impian tersebut dapat terwujud. Sukses di usia muda merupakan idaman bagi sebagian besar pemuda. Tak terkecuali bagi Valen Hadi Putri, Mbekayu Duta Wisata Purbalingga 2019. Ia mengatakan perjalanannya dalam menggapai impian dan menjadi Mbekayu Purbalingga tidaklah mudah.


“Aku ngga sekali coba, 2017 pernah ikut cuma belum berhasil, tapi tetep optimis dan coba lagi di lain kesempatan. Alhamdulillah berhasil di tahun 2019 jadi Mbekayu Purbalingga,” kata Gadis yang saat ini kuliah di Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman itu.

Valen Hadi Putri, Mbekayu Duta Wisata Purbalingga 2019

Dalam rentang waktu 2017 sampai 2019 Valen mencoba berbagai hal baru. Salah, satunya mengikuti ajang Duta Generasi Berencana (Genre).


“Awalnya perwakilan dari kampus, ikut Duta Genre Banyumas 2018. Bersyukur terpilih jadi Juara 1 dan lanjut ke Tingkat Provinsi jadi Duta Genre Jawa Tengah 2018, lanjut lagi jadi Finalis Duta Genre Indonesia,” terangnya saat dihubungi oleh tim pemudapurbalingga.com, Rabu sore (18/6/2020).

Impian

Valen yang juga menyabet gelar Mbak Intelegensia Jawa Tengah 2019 memberikan tips bagi pemuda yang sedang berjuang dalam menggapai impiannya.


“Walau aku juga masih berjuang…hehe, aku kasih sedikit tips ya, intinya jangan malu dan percaya diri aja. Kalau minder duluan, ya gimana mau mulai mencoba, itu bisa jadi penghalang. Kemudian, berani mencoba, mencoba hal hal baru,” katanya.

Sukses

Lanjutnya, sukses itu ketika bisa bermanfaat untuk orang lain, berpengaruh positif kepada orang sekitar. Ia mengatakan gelar hanya bonus, tapi yang terpenting pengalaman. Ia juga menyampaikan pengalamannya setelah jadi Mbekayu Purbalingga.


“Bisa bertemu dengan banyak orang, tambah relasi dan koneksi dari berbagai pihak sampai komunitas. Dapat kesempatan yang mungkin itu langka bagi orang lain,” imbuhnya.

Peran Pemuda

Menurut Valen, pemuda sangat berpengaruh bagi pembangunan daerah. Salah satu peran pemuda di era digital saat ini yaitu menjadi positive influencer.

“Menginspirasi, dan mengubah pandangan orang ke arah positif, hingga akhirnya mereka melakukan sesuatu tindakan yang positif. Membantu penyampaian informasi dan pengenalan potensi daerah,” ungkapnya.


Ia mengatakan ada 3 poin penting yang harus dipegang baik sebagai Mbekayu Duta Wisata maupun di kehidupan nyata yaitu behavior(sikap), brain(pengetahuan) dan beautiful (penampilan).


“Kita harus perhatikan sikap kita, menjunjung tinggi tingkah laku. Selanjutnya, peka pada isu terkini dan selalu belajar, khususnya membaca. Jadi kita lebih kritis dalam menghadapi situasi. Untuk penampilan dapat memposisikan diri kita dalam berbusana. Berpenampilan rapi & santun, memberikan nilai lebih di kesan pertama. Tiga hal tersebut saling berhubungan,” jelasnya.


Terakhir, di Era New Normal ini Valen berharap dunia pariwisata lekas membaik.


“Kita tak tau, sampai kapan pandemi covid-19 ini akan berakhir, dan dunia pariwisata tak bisa berhenti terlalu lama. Pemerintah Kabupaten di beberapa daerah pun telah membuka kembali destinasi wisata. Namun, tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ada. Tugas kita, sosialisasikan protokol kesehatan di tempat wisata melalui sosial media. Kita optimis dunia pariwisata akan segera membaik, khususnya Pariwisata Kabupaten Purbalingga,” pungkas Valen.

pemudapurbalingga.com – Penulis artikel : Dwi K. Alfi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *