Ini Pesan Ketua PWI Purbalingga untuk Generasi Muda

Diposting pada

“Tuhan memberi kita dua telinga, dan satu mulut itu menjelaskan agar kita lebih banyak mendengar daripada berbicara. Perbanyak membaca, perbanyak literasi. Banyak belajar, belajar banyak!”

Pesan itulah yang disampaikan Joko Santoso, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Purbalingga untuk Pemuda Purbalingga di era media sosial saat ini.

Pesan Ketua PWI Purbalingga untuk Generasi Muda

Joko mengatakan pemuda sekarang jangan hanya bisa ‘berkicau nyaring’ di media sosial tanpa dasar, bahkan tanpa sadar mereka malah menjadi agen penyebar berita bohong / hoax.

“Check and recheck berita, saring sebelum sharing,” katanya saat ditemui langsung oleh tim pemudapurbalingga.com, Senin malam (15/06/2020).

Menurutnya pemuda harus memperbanyak literasi, banyak membaca buku sebelum berbicara.

“Bermedsoslah dengan bijak, ngomong boleh, beropini boleh, tapi literasinya juga harus banyak. Generasi muda jangan mudah terpancing postingan negatif yang diciptakan buzzer, harus melihat sesuatu secara objektif,” katanya.

Ia juga memberikan ciri berita / postingan di media sosial yang mengandung unsur berita bohong atau hoax. Pertama, menimbulkan kebencian sampai permusuhan. Selanjutnya, ketidakjelasan sumber berita dan isi pemberitaan tidak berimbang.

“Selain itu, sering bermuatan fanatisme serta judul dan pengantar yang provokatif,” pungkasnya.

Yuk Ikut dalam kegiatan Nulis Buku Urunide #batch 1!

( pemudapurbalingga.com / penulis artikel : Dwi K. Alfi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *