Kang Igun, Kenalkan Sejarah Purbalingga Lebih Asik

Diposting pada

Di Era Teknologi Informasi saat ini, pemuda dituntut cepat dalam melakukan segala sesuatu. Baik itu cepat dalam bekerja, cepat dalam belajar dan beradaptasi, sampai cepat dalam menyimpulkan sesuatu. Awalnya ‘hal’ tersebut wajar hingga akhirnya berubah menjadi kebiasaan menyukai sesuatu yang instan. Tak heran, pemuda saat ini kurang berfikir kritis dan malas belajar lebih banyak. Kurangnya tahunya sebab-akibat suatu kejadian membuat mereka tidak berpandangan lebih luas. Apalagi hal yang berkaitan dengan masa lalu.

“Jaman sekarang, kita lebih canggih, lebih pintar, lebih cepat dalam segala hal, ga perlu lah tau masa lalu. Apalagi sejarah, bikin ngantuk aja,” kata pemuda masa kini.

Benarkah?

Menurut Muhammad Yamin, sejarah merupakan berbagai ilmu pengetahuan yang disusun atas dasar penyelidikan dari beberapa peristiwa, yang dapat diteliti kebenarannya serta dapat dibuktikan sebagai bahan kenyataan yang benar-benar terjadi.

Hal ini menjelaskan bahwa sejarah adalah sebuah pondasi dari ilmu pengetahuan yang didapatkan dari berbagai penyelidikan beberapa peristiwa lampau yang dapat dicari kebenarannya. Jadi, jika kalian ingin tahu benar-benar suatu ilmu maka pelajarilah sejarahnya, karena itu merupakan pondasinya.

Tapi sejarah itu membosankan ? Tulisannya ngantukin!

Eits, siapa bilang? Di Kabupaten Purbalingga, ada blog igosaputra.com, di blog tersebut banyak memuat tulisan sejarah, terutama sejarah Kabupaten Purbalingga yang dikemas lebih asik dan kekinian, bahkan ada unsur ‘humornya’.

Penasaran? Cek langsung saja ! igosaputra.com 😀

Menurut pemilik blog, Gunanto atau yang kerap dipanggil Kang Igun mengatakan tak sengaja menulis sejarah dengan bahasa yang kekinian dan dicampur dengan sedikit humor.

“Awalnya iseng, bikin blog ya apapun itu isinya, campur. Tapi makin kesini tertarik ke sejarah, jadi tulisannya kebanyakan sejarah namun pembawaannya ga terlalu formal, kadang – kadang ada sedikit banyolannya juga, eh ternyata banyak yang baca,” kata Kang Igun.

Beberapa artikel sejarah tentang Kabupaten Purbalingga yang populer, yaitu Rumah Keluarga Lie Keng dan Asal-Usul Gang Mayong, Jejak Batalyon ‘Susu Bendera’ di Purbalingga dan Situs Tipar, Pusat Industri Jaman Purba di Purbalingga ada dalam blognya.

Ia menjelaskan, sejarah suatu daerah sangat beragam, sejarah di Purbalingga sendiri, belum banyak orang tahu, sumber untuk literasinya juga masih kurang.

“Perlu dikembangkan lagi, perlu penggalian informasi, penelitian terkait sejarah, agar masyarakat di Purbalingga tahu asal – usul daerahnya, tahu potensi daerahnya,” katanya.

Dengan adanya blog yang memuat sejarah Purbalingga, Ia berharap masyarakat di Kabupaten Purbalingga bisa lebih mencintai daerahnya setelah mengetahui keanekaragaman sejarah yang dimiliki.

“Walau ada banyolannya sedikit, semoga pesan sejarah yang dituliskan sampai ke pembaca. Sumber juga tak usahakan lengkap. Aku juga mengambil dari berbagai literasi untuk referensi, wawancara narasumber, bahkan observasi langsung di lapangan. Jadi bisa dijadikan pijakan ilmu pengetahuan bagi mereka yang tertarik sejarah Kabupaten Purbalingga tercinta ini, tentunya generasi muda harus tahu, ” pungkasnya.

( pemudapurbalingga.com / penulis artikel : Dwi K. Alfi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *