KNPI PURBALINGGA Launching WARUNG LATIHAN USAHA di Desa Pekiringan

Diposting pada

Komite Nasional Kabupaten Indonesia (KNPI) Kabupaten Purbalingga melakukan Soft Launching Warung Latihan Usaha (WALAHA) di Desa Pekiringan, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga, Sabtu (27/03/2021). Dibukanya WALAHA berlangsung meriah dan mampu menyedot perhatian kaum muda di Purbalingga. Soft Launching WALAHA dimulai dengan live musik akustik dari band lokal Pemuda Pekiringan. Hal tersebut seketika menarik perhatian masyarakat berbondong-bondong ke lokasi memenuhi meja yang disediakan crew WALAHA.

WALAHA merupakan Program kerja dari DPD KNPI Purbalingga yang diinisiasi Bersama Perkumpulan Warga Muda. Program tersebut bertujuan untuk membantu pemerintah melahirkan pengusaha muda dan penggerak desa, serta menjadi warung pelatihan (incubator) untuk anak-anak muda desa mendapatkan keterampilan berbisnis sekaligus jiwa kepemimpinan.

Pembangunan WALAHA yang pertama kalinya di Desa Pekiringan, Kecamatan Karangmoncol merupakan salah satu pilot project. Pengmbangunan tersebut tak lepas dari kerja sama yang baik antara DPD KNPI Purbalingga dan Pemdes Pekiringan. WALAHA bertempat di Gedung eks Rumah isolasi Covid-19 dari luar kota Purbalingga yang tak terpakai.

Ketua DPD KNPI Purbalingga, Dhimas Agung Ramadhan juga berharap WALAHA dapat tempat pemuda untuk berkreatifitas, berkarya, tukar ide dan gagasan. WALAHA merupakan salah satu kontribusi Pemuda Purbalingga dalam berkarya dan berkontribusi untuk pembangunan daerah.

“Alhamdulillah, WALAHA ini benar-benar terealisasi, kami sadar ini adalah kerja kolektif, program ini tidak bisa terealisasi jika mengandalkan resources dari KNPI saja, kami sangat berterimakasih kepada semua pihak sehingga kami bisa berkolaborasi dengan masyarakat dan Pemdes Pekiringan, Perkumpulan Warga Muda hal ini selaras dengan visi kami #KolaborasiBersinergi,” kata Dhimas

Dhimas menambahkan untuk permulaan kami sedang menyiapkan kurikulum pelatihan wirausaha untuk pemuda di Desa Pekiringan. “Kami juga membuka pintu kerjasama dengan semua stake holder, besar harapan WALAHA dapat di duplikasi di desa-desa yang lain di Purbalingga, bahkan di tingkat Nasional,” tambahnya.

Kepala Desa Pekiringan, Adi Kusumantoro mengapresisasi berdirinya WALAHA di Desa Pekiringan. Ia berharapdengan Walaha dapat menumbuhkan pemuda yang kreatif dan produktif.

“Kedepannya WALAHA sebisa mungkin dapat menitikberatkan pada pelatihan pemberdayaan masyarakat terutama pemberdayaan pemuda dan perempuan khususnya sektor ekonomi secara berkesinambungan”, ujar Adi Kusumantoro. Tambah Adi, pelatihan pemasaran produk agar hasil produk masyarakat Desa Pekiringan dapat terjual baik di luar sana.

Salah satu pengunjung, Tenggerlambang Pangesti mengatakan sangat antusisas adanya Walaha. Ia mengatakan Walaha sangat cocok jadi tongkrongan anak muda, terutama di Desa Pekiringan.

“Selain ada live music dan makanan , nantinya ada pelatihan kepemudaan dan usaha jadi tetap bisa produktif. Kalau ada pelatihan, aku pasti ikut dan ajak teman yang lainya juga,” ungkapnya.

WALAHA beroperasi setiap hari dari jam 15:00-23:00 WIB. WALAHA akan menyelenggarakan acara Grand Launching yang akan diselenggarakan setelah Idul Fitri.

One thought on “KNPI PURBALINGGA Launching WARUNG LATIHAN USAHA di Desa Pekiringan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *